Minggu, Juli 29, 2012

Preparing to Hiroshima

Bismillahirrahmanirrahim..
Perjalanan ke Hiroshima bagi sebagian orang mungkin bukan lagi hal yang baru dan memusingkan lagi. Selain itu, ini juga bukan hal yang asing lagi untuk dituliskan dalan sebuah blog seperti ini. Tapi, aku tetap ingin berbagi segala hal yang ku persiapkan menjelang keberangkatan ku ke Hiroshima. :-)

Persiapan ku dimulai beberapa hari setelah aku dinyatakan lulus mengikuti sebuah Summer Course di Hiroshima City University. Mulai dari situ aku perlahan-lahan "bergerilya" kesana - kemari. Karena ini adalah perjalanan pertama ku berkunjung keluar negeri, maka yang lebih dulu ku lakukan yaitu membuat paspor di kantor imigrasi Makassar. Alhamdulillah dengan modal fotokopi KTP, KK, Akte lahir & Ijazah, dan setelah mengikuti serangkaian seleksi mulai dari berkas, wawancara & pemotretan (ceileee), alhamdulillah akhirnya dalam waktu kurang lebih 7-8 hari akhirnya paspor sudah jadi. Dan betapa senangnya diri ku saat melihat sebuah " buku sakti " kecil berwarna hijau atas nama ku yang bisa mengantar ku melancong ke luar negeri sudah ada di tangan ku. Yah, mungkin terkesan norak tapi itulah yang terjadi.

Selanjutnya adalah pengurusan visa sebagai ijin untuk masuk ke Jepang. Saat itu aku langsung mendatangi kantor Konsulat Jepang di Makassar & meminta formulir untuk pengurusan berkasnya. Karena salah satu syaratnya adalah telah siapnya tiket perjalanan pergi - pulang Indonesia - Jepang, maka hari itu aku pun pulang guna menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan.

Sekali lagi karena dibutuhkan tiket maka langkah ku tersendat beberapa lama. Maklum saat pengurusan itu aku masih berstatus mahasiswa yang belum berpenghasilan cukup banyak. Akhirnya setelah dapat bantuan dana dari berbagai sumber (yang tidak dapat disebutkan satu persatu) & InsyaAllah Halal, aku dapat memesan tiket perjalanan ku PP tapi hanya Kuala Lumpur - Osaka. Sekali lagi, ini karena dana ku masih kurang. Alhamdulillah tiket ini tetap bisa ku gunakan untuk pengurusan visa karena sudah mencakup tiket untuk masuk & keluar dari Jepang.

Saat itu aku sangat khawatir tentang tiket perjalanan ku untuk Makassar - Kuala Lumpur. Akan tetapi aku tetap percaya jika Allah swt adalah Maha Pengatur & Maha Pengasih sehingga aku yakin jika Allah sudah merencanakan,menyiapkan & mengatur segala sesuatu yang terbaik untuk ku. Alhamdulillah ternyata hal itu benar. Tidak lama setelah itu alhamdulillah aku dapat bantuan dana lagi (meskipun berstatus pinjaman :-D ) dan akhirnya tiket Makassar - Kuala Lumpur - Jakarta pun bisa terbeli. Yah, ini pun baru sebatas Jakarta tapi aku tetap bersyukur. InsyaAllah akan ada rejeki di lain waktu untuk tiket ku Jakarta - Makassar. :-)

Selanjutnya saat pengambilan visa, alhamdulillah Allah swt menunjukkan kebesaran-Nya lagi. Visa kunjungan sementara ku yang seharusnya biayanya adalah Rp 325.000,- akhirnya diberikan kepada ku secara cuma-cuma alias gratis. Alhamdulillah, alhamdulillahirabbil alamin. Mungkin ini adalah salah satu kebijakan dari pemerintah Jepang tapi tetap saja aku yakin ini adalah salah satu campur tangan & bantuan yang Allah swt berikan pada ku. Subhanallah, Allahu Akbar.

Hari ini adalah keberangkatan ku ke Kuala Lumpur. Aku akan transit beberapa jam di sana sebelum lanjut terbang ke Kansai. Untuk itu, lanjutan ceritanya setelah aku sampai di sana yah...

.... To Be Continued

2 komentar:

Nurmala Sari Manra mengatakan...

dech... kak.. menakjubkan... jd penasaran mau baca perjalanan selanjutnya

AdriMut mengatakan...

heheheee, amazing memang ini perjalanan ku.. kisah selanjutnya, baca mi yang ada n tunggu q yg berikutnya... ;-)
btw, terima kasih sudah membaca... :-D